TIPS TEKNIK SHOOTING BASKET YANG BENAR

Yap, kali ini saya akan membahas bagaimana cara shoot dengan benar, pasti pernah kan ngeshoot terus shootnya melenceng atau short ya

Lalu apa sih cara agar shoot kita lurus dan pas dengan ring?

Sebelumnya ada artikel cara agar kita bisa shoot dengan baik.. Yaitu dengan latihan , balance, fokuskan pandangan ke ring, dll.

Agar shoot kamu bisa lurus dan mengarah tepat ke ring, ada beberapa "aturan" yg harus dipatuhi untuk melakukan shoot yg benar. Aturan ini biasanya disingkat  BEEF. Cekidot untuk selengkapnya :

1) Balance, yap langkah ini sudah pernah dibahas dalam artikel kemarin.. Caranya buka kaki selebar bahu.. Kalo bisa kakinya jangan membentuk huruf V (jangan seperti baris-berbaris, kan kakinya bentuknya V tuh) ntar kalo V loncatnya ga maksimal.. Gampangnya kaki kalian disamain aja sama angka 11

2) Eye, masalah pandangan ini juga sudah dibahas dalam artikel sebelumnya.. Lihatnya arah ring terlebih dahulu. Pede aja. Kalau bisa diarahin kedalam ring. Biar bola-nya bisa langsung masuk. Kalau udah terbiasa sama ringnya ,biasanya kita lihat sepintas aja udah masuk ke target. Tapi cobalah lihat sekali lagi buat memastikan kan ngga ada salahnya. Jangan kelamaan lihatnya, waktu ngga banyak cuman sepersekian detik jadi cepet yaw :)

3) Elbow, mungkin ada yg sudah tahu apa itu elbow. Elbow adalah siku. Maksudnya disini adalah, posisi siku kita sebelum melakukan tembakan. Ada beberapa elbow yg bisa kalian praktekin contohnya. Idealnya sih 90 derajat. Tapi ingat, ini hanya teori yang biasa diajarin oleh Coach, namun terkadang pemain memiliki caranya sendiri untuk shooting. Cari shooting form yang buat lo nyaman aja. Jangan yang aneh biar ga kesulitan untuk shooting ;)

4) Follow through, ini tahapan terakhir dalam shoot. Yaitu gerakan tangan setelah shoot. Pertahankan posisi tangan anda setelah shoot.
Pertahankan posisi tangan anda walaupun anda sudah turun(sampe tanah) ini kek remote kontrol gitu. Liat aja Lebron sehabis ngeshoot pasti dia akan mempertahankan posisi tangannya setelah shoot. Sekali lagi pede aja.
Toh kalau tangan kalian kena tangan lawan, lawan akan dapetin foul. So, PD aja yak!

Ok itu penjelasan singkat dari BEEF. Sekarang bagaimana cara melakukan shootnya. Check!

1) Buka kaki kalian selebar bahu (Balance), lalu tekuk lutut kamu untuk menambah power dari shoot kamu, nekuknya seperlunya aja seperti Wade dibawah ini.



Bukan seperti ini ya


Lalu, dorong pake tenaga dari lutut yg ditekuk tadi. Itu akan menambah tenaga shootingmu.


2. Posisikan mata tetap menghadap ke ring bagian dalam.. Tetap lihat itu jangan sampai hilang fokus dari targetmu itu. Kalau hilang fokus bisa buyar.

                         


3) Jaga juga elbow kalian jangan sampe berubah dari posisi awal.. Tetap seperti pada saat menurunkan lutut.. Mau dari atas, dari bawah, dari depan kepala, its up to you.. Yg buat nyaman aja dipake.. Kalau kamu sudah loncat terus pemain lawan ada yg tangannya kena elbow kalian, jangan pesimis.. Lanjutin aja jangan langsung putus asa.. Biasanya dapet freethrow kok :) 

                           





4) Bagian terakhir ini menjelaskan bagaimana cara kalian merelease bola dengan benar. (Ingat cuman dirilis, pergelangan tangan relax, trus bukan didorong, jadi bola akan berputar. Jika tidak berputar berarti kalian masih mendorongnya) 

Release bola dengan jari tengah agar shoot kalian lurus. Jika salah rilis sudah bisa dipastikan shoot kalian akan melenceng. Lihat posisi jari Curry dan Ray Allen berikut :





Itu contohnya. Rilisnya pake jari tengah kan. 

*Note : Tangan kiri hanya membantu mengarahkan shoot, bukan untuk shooting, untuk mengecek shoot kalian sudah lurus apa belum, silahkan shoot dengan 1 tangan dulu. Rilis dengan jari tengah jika sudah lurus berarti anda siap untuk melakukan cara diatas. 

Lalu, terus pertahankan posisi tangan kamu. Jika sehabis shoot tangan kalian langsung turun itu akan mempengaruhi lurus tidaknya shoot anda. Perhatikan foto dibawah ini, ini yang dinamakan follow through. 




Sekian terimakasih :)

(ADDERS SUBMISSION : Azzam Fadil , dengan beberapa editing oleh AnakBasket)
TIPS TEKNIK SHOOTING BASKET YANG BENAR TIPS TEKNIK SHOOTING BASKET YANG BENAR Reviewed by BERITA ANAK BASKET on 19:40 Rating: 5
Powered by Blogger.