TIPS MENJADI POINT GUARD HANDAL

Untuk menjadi seorang Point Guard yang handal, ada beberapa aspek yang harus dipenuhi oleh seorang Point Guard. Bukan hanya mampu mendribble bola dengan sangat mahir dan lancar. Untuk menjadi seorang Point Guard yang luar biasa, ia harus mampu melebihi itu semua.

Apa saja sih tips dan cara untuk menjadi seorang Point Guard Handal? Berikut rangkuman beberapa tips untuk menjadi seorang Point Guard yang Handal. Enjoy!

1. BALL HANDLING



Chris Paul #3
Image : gettyimages

Untuk menjadi  Point Guard yang handal, seorang Point Guard harus mampu menguasai bola dalam keadaan tertekan sekalipun. Menguasai bola disini berbeda ya guys dengan mahir mendribble bola. Seorang Point Guard handal, ia adalah seorang ball handler yang tau kapan ia harus dribble dan melakukan penetrasi sampai bahkan menahan bola untuk delay permainan. Itu yang dinamakan "menguasai bola" atau bahasa Inggrisnya biasa disebut "Ball Handling" . Seorang Point Guard harus mampu menguasai teknik ini. Biasanya akan bertambah seiring bertambahnya pengalaman pemain tersebut.

2. KETENANGAN 


Isaiah Thomas #4
Image : hardwoodhoudini.com

Apa yang dimaksud dengan ketenangan disini? Menjadi seorang Point Guard, berarti ia akan menjadi pemain yang paling mendapatkan tekanan di lapangan. Hal ini disebabkan karena seorang Point Guard biasanya akan menjadi inisiator dalam penyerangan.Seorang Point Guard harus mampu tetap menguasai permainan meskipun sedang dalam keadaan tertekan atau hal seperti : turnover, bad pass bahkan makin jauh tertinggal dari tim lawan bukan tidak mungkin akan terjadi. Ketika seorang Point Guard tidak mampu menjaga ketenangannya dalam bermain, maka dapat dipastikan,  tim tersebut akan bermain dengan kacau balau dan tak menentu.
Tetap tenang, baik dalam keadaan tertinggal 10 poin, 20 poin bahkan 50 poin sekalipun. 

3. KOMUNIKASI

Kyrie Irving
Image : cavaliers.com


Komunikasi juga merupakan sesuatu yang sangat vital dibutuhkan untuk menjadi seorang Point Guard yang handal. Seorang Point Guard harus mampu menjadi seorang komunikator bagi rekan setim-nya karena ia merupakan "Jendral Lapangan" bagi teman-temannya. Ia harus mampu mengkomunikasikan apa saja yang diinstruksikan oleh Coach kepada rekan-rekannya di lapangan. Apalagi ketika tim tersebut akan menggunakan pola penyerangan, ia harus mampu untuk mengatur set plays. "Hey, V-Cut" , " Hey , isi post nya ", " Hey, backdoor ", "Alpha Alpha" ,dsb.  Ia juga lah yang akan membangkitkan semangat teman-temannya dalam bermain ketika tim sedang tertinggal jauh. Namun bukan asal memarahi dan menginstruksikan teman-temannya, karena bukan tidak mungkin akan terjadi cekcok dengan rekan setim di lapangan. Buyar deh semuanya. So, be a good communicator buat rekan setimnya ya!

4. NO SHOWOFF (TUKANG PAMER)


John Wall #2
Image : FOXSports


Menjadi seorang Point Guard berarti lo harus mampu menahan ego lo untuk showoff. Karena hal ini sangat tidak dianjurkan dilakukan oleh seorang Point Guard. Showoff hanya akan membuang-buang waktu 24 detik yang kamu miliki. Biasanya seorang Point Guard yang tidak mampu mengontrol egonya, akan melakukan over dribble atau dribble tidak pada waktunya. Jelas, ini akan membuang waktu dan menguras tenaga. Passing "aneh" yang berbuah turnover buat tim. BAD. Coba tahan ego-nya dan lebih banyak servis rekan setim, itu lah yang dilakukan oleh Point Guard sebenarnya ;) 

Oh ya, pakai foto John Wall bukan karena dia tukang showoff ya hehehe untuk isi foto aja dan fotonya turnover

5. FINISHER YANG ULUNG

Stephen Curry
Image : SI.com


Ketika kriteria diatas sudah mampu dilakukan dan dipenuhi oleh seorang Point Guard, tips berikut ini adalah, jadilah seorang Point Guard yang mampu mencetak angka, baik dari layup, mid-range hingga three point, apalagi disaat kondisi genting. Tidak semua Point Guard memiliki kemampuan seperti ini. Tipe Point Guard tradisional hanya berfungsi sebagai tukang servis bagi rekan-rekan setimnya. Namun, di era sekarang ini, dapat kita lihat terjadi pergeseran Point Guard. Sebut saja Stephen Curry, ia mampu menjadi seorang Point Guard dengan tembakan 3 angka yang mematikan serta kemampuan ball handling yang cukup baik atau bisa kita lihat pemain seperti Russell Westbrook yang merupakan Point Guard eksplosif di NBA sekarang, dengan gaya beringas dan powerful menjadi ciri khasnya. 

6. HOT HANDS

Tony Parker
Image : NewsOK.com

Seorang Point Guard harus mampu menjadi pemain yang paling mengerti kondisi teman-temannya di lapangan. Siapa yang shootingnya lagi on fire banget di lapangan. Servis dia. Kenapa? Karena ketika seseorang sedang on fire, tingkat kepercayaan dirinya akan meningkat juga, dan dapat dipastikan tim mu akan mendulang banyak poin dari pemain itu. Lakukan upaya agar si pemain ini bisa dapetin bolamu dengan nyaman dan tenang untuk mengeksekusi bola. Misalnya dengan cara menarik perhatian defender untuk men-double team kamu. Ketika seorang Point Guard mendapatkan penjagaan double team, rekan nya yang lain akan mendapatkan space dan tanpa penjagaan, disaat itulah bola dipassing, dan SPLASH!


Demikianlah tips untuk menjadi Point Guard yang baik dan handal. Semoga bermanfaat yak untuk kita semua. Happy balling!











TIPS MENJADI POINT GUARD HANDAL TIPS MENJADI POINT GUARD HANDAL Reviewed by BERITA ANAK BASKET on 11:34 Rating: 5
Powered by Blogger.