TIPS DRIBBLE PENETRASI (DRIVE) DALAM BASKET

"Artikel ini cocok untuk kalian yang sering kesulitan untuk melakukan drive ke dalam area defense lawan"

Sebelum kita mulai pembahasan artikel kali ini, mungkin ada teman-teman yang belum mengetahui atau belum memahami apa sih yang dimaksud dengan drive atau penetrasi. Mari saya jelaskan secara singkat dan simpel dulu yak apa sih itu drive atau penetrasi di dalam permainan basket. 

Drive atau penetrasi merupakan suatu keadaan dimana salah seorang pemain tim yang sedang melakukan offense , melakukan dribble "menusuk" dan masuk ke dalam area pertahanan tim yang sedang melakukan defense. Itu simpelnya. Kita lanjut pembahasannya yak.

Drive dalam basket sendiri itu tidak hanya sebatas untuk melakukan finishing. Tidak. Melakukan drive terkadang bisa saja dilakukan hanya untuk menarik perhatian lawan. Hal ini yang biasanya sering dilakukan oleh seorang Point Guard. Menarik perhatian lawan agar rekan setimnya yang lain bisa "bebas" dari penjagaan lawan dan kemudian si Point Guard akan memberikan passing untuk dieksekusi pemain tersebut.

Namun, permasalahan yang lumrah dihadapi ketika seorang pemain yang melakukan drive atau penetrasi ke dalam area pertahanan lawan adalah seringkali pemain tersebut akan menemui "tembok" pertahanan lawan. Ada juga kejadian , seorang pemain ketika melakukan drive, bolanya sering hilang karena di steal atau karena grogi ketika melakukan penetrasi, pemain menjadi ga karuan dribblenya , dan akhirnya bola hilang. Turnover lagi.

Hal diatas ada kok solusinya, dan memang artikel ini akan ngebahas tips melakukan dribble penetrasi. Mari kita bahas satu persatu yuk bagaimana dribble yang harus dilakukan agar penetrasi yang kita lakuin nantinya bisa berhasil ;)

1. KUASAI DRIBBLE



Tidak mungkin kita pungkiri lagi kalau dalam melakukan drive atau penetrasi kemampuan dribble pemain itu bukan sesuatu hal yang penting. Memiliki dribble yang baik tentu merupakan keuntungan tersendiri bagi seorang pemain untuk melakukan penetrasi.

Seorang pemain yang memiliki dribble yang baik tentu akan memiliki peluang lebih baik untuk melewati defender ketika melakukan drive. Rasa PD akan meningkat dan pemain akan lebih mudah untuk mengontrol bola meskipun pemain lawan menabrak dan melakukan defense ketat.  Penetrasi berhasil.

Ketika memiliki dribble yang baik, lo akan mampu melakukan dribble tanpa melihat bola. Seorang pemain basket , ketika melakukan dribble ia tidak boleh melihat bola ketika melakukan dribble. NEVER

Kalian harus fokus melihat ke depan, memperhatikan dimana Ring Basket berada, dimana kawan berdiri dan dimana lawan mu berdiri. Kalau kalian dribble ngeliat bola, udah dekat sama ring pun kalian ga sadar, karena pandangan kalian itu ke bawah. Tau-tau , ringnya udah diatas. JANGAN MELIHAT BOLA

Kalau ga tau kawan dimana, padahal kawan kalian free, tapi karena kalian dribblenya itu liat bola, ehhh ga bisa kan kalian passing? JANGAN MELIHAT BOLA

Kalau ga tau lawan dimana, kalian cuma melihat bola, tiba-tiba lawan udah muncul di depan dan press kalian, panik, gugup, bola hilang. JANGAN MELIHAT BOLA

Jadi, perdalam dribble kalian terus ya supaya bisa ngelakuin dribble tanpa melihat bola.

Dibawah ini ada beberapa dribble drills yang direkomendasikan untuk kalian








2. TRIPLE THREAT

Setelah kamu dapetin bola passing, usahakan kamu berada dalam posisi Triple Threat.

Triple Threat adalah kamu dapat melakukan 3 "ancaman" untuk lawanmu.
1. Posisi Badan Siap Untuk Menembak
2. Posisi Badan Siap Untuk Passing
3. Posisi Badan Siap Untuk Dribble



*Opsi pertama adalah kalian "mengancam" dengan coba melakukan shooting, ketika dapetin bola, mata kalian sudah melihat posisi ring.
*Opsi kedua adalah cari kawan kalian yang bisa kalian passing dengan pas.
*Opsi ketiga adalah eksekusi sendiri dengan dribble penetrasi.

Dengan berada pada posisi triple threat, lawan akan menebak-nebak apa yang akan kalian lakukan. Ini akan membuat penetrasi yang mau kalian lakukan lebih "mudah". Lawan akan menebak-nebak, Shooting kah? Dribble? Passing? .

Apalagi kalau kalian memiliki kemampuan shooting yang baik, kalian fake sekali, lawan akan lompat. Penetrasi.

Apabila lawan terlalu dekat, kalian bisa melakukan jab step untuk membuat dia mundur karena mengira kalian akan melakukan drive.

Buat lawanmu bingung.

Dibawah ini ada video bagaimana melakukan Triple Threat yang dipraktekkan langsung oleh Lillard, Kemba Walker, dkk di TEAM USA.


Keep learning ya!

3. TIMING

Oke. Hal yang perlu diingat adalah tips yang akan diberikan pada artikel kali ini, tentunya bukan tips yang akan menjadikan kalian seorang pemain super yang bisa melakukan drive dimanapun dan kapanpun kalian mau. Bukan.

Sama halnya dengan shooting, untuk melakukan penetrasi tentu harus dengan timing atau waktu yang pas. Dalam melakukan penetrasi, tentunya harus melalui pertimbangan-pertimbangan yang harus kalian pikirkan.

Terkadang, bukan karena masalah dribble kalian yang kurang baik. Namun, timing kalian yang selalu tidak pas.

Seringkali kita bertemu dengan pemain yang melakukan penetrasi secara membabi buta. Ada? Ada, dan banyak. Terutama yang masih sangat baru dalam permainan basket dan yang belum memiliki banyak pengalaman dalam bermain basket.

Sebelum melakukan dribble, ingat sebelum melakukan dribble ya. Lihat kondisi sekitarmu terlebih dahulu. Kenapa? Karena ketika kamu sudah melakukan dribble, hal yang bisa kalian lakukan hanya dribble, passing dan shooting. Bayangkan jika kalian dipress dengan kondisi begitu, dan kalian gugup nih misalnya, langsung dengan reflek kalian memegang bola dengan kedua tangan. Bisa dribble lagi setelah itu? Tentu tidak. DOUBLE

Berbeda dengan kondisi ketika kalian belum melakukan dribble, maka kalian masih bisa memprotect (menjaga) bola dengan dua tangan, dribble, passing atau shooting. Lebih banyak opsi bukan? ;)

Sebelum melakukan drive dan pas kalian baru dapetin bola, kalian bisa pertimbangin beberapa hal dibawah ini terlebih dahulu :

-Apakah ada helping side dari dalam kalau saya drive ke dalam dari sini?
-Rame ga di dalam sana?
-Kalau saya lewatin yang di depan ini, pemain-pemain dibelakangnya kira-kira bisa "keroyok" saya ga ya?
-Kalau saya drive, kira-kira bisa ga ya untuk buka ruang buat teman saya?

Pertanyaan diatas adalah beberapa pertanyaan yang harus kalian jadikan pertimbangan sebelum melakukan drive.

"Penetrasi atau drive bukan hal yang bisa kalian lakukan secara terus-menerus"

Drive yang membabi buta tentunya akan berujung kepada yang saya sebutkan diatas tadi. Kalian akan bertemu "tembok" defender yang akan menghadang penetrasimu dan turnover. Sia-sia dan capek.

Coba tonton video Chris Paul dibawah ini, bagaimana ia bisa menerobos masuk ke dalam pertahanan lawan tepat pada waktunya



4. "JANGAN MENGGANGGU SARANG LEBAH"

Apa yang dimaksud dengan kutipan diatas?

Apa yang biasanya terjadi jika kita mengganggu sarang lebah? Jawabannya, pasti akan keluar kawanan lebah yang akan menyerbu kita bukan?

Lalu apa hubungannya dengan permainan basket?

Baik, mari saya jelaskan. Dalam permainan basket, dikenal dengan yang namanya Helping Side. Benar? Nah, seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi, sebelum melakukan penetrasi, kita harus melakukan pertimbangan-pertimbangan.

Maksud dari kutipan ini adalah, ketika kita melakukan penetrasi, JANGAN melakukan penetrasi "bunuh diri" . Penetrasi yang dimaksud adalah penetrasi yang memasuki area yang disana banyak pemain lawan yang siap untuk mengeroyok kamu. Kalau mereka mengeroyok kalian, apa yang akan terjadi? Ya sudah bisa kita prediksikan, kalian akan kewalahan untuk dribble "kabur" dari mereka.

Kalian yang melakukan penetrasi ke dalam "sarang lebah" tentu akan diserang habis-habisan dan kalian akan hanya dapetin satu hal. CAPEK.

Sarang lebah itu misalnya begini. Step by step ya. Maafkan gambar yang ala kadarnya hehe :

1. Kita bagi lapangan nya menjadi 2 sisi :


2. Bagian yang dilingkar adalah maksud dari "Sarang Lebah"


3. Jangan dribble penetrasi ke dalam sarang lebah, karena kamu bakalan dikeroyok dan kesulitan untuk mendekati ring basket. Ke sisi satunya lagi. Kamu bisa lakukan crossover terlebih dahulu, lalu penetrasi dengan full speed ke sisi itu.


4. Kalaupun ada helping side, kalian bisa melakukan kick out ke pemain sisi kiri kalian, karena dia akan berdiri bebas


5. Kalau misalnya ada helping side lagi dari sisi dalam, kalian juga punya opsi untuk passing ke Center kalian


Kira-kira begitulah ilustrasi "Sarang Lebah". Selalu perhatikan kondisi sekitar sebelum melakukan drive. Dimana "Sarang Lebah" nya berada, biar drivenya lebih mudah.

Perhatikan video dibawah ini, bagaimana Lebron menghindari "Sarang Lebah"



Pada saat melakukan penetrasi, jangan lupa agar selalu pastikan bahumu tetap lebih rendah dari bahu defender kalian, supaya defender kesulitan untuk "mengambil" bolamu. 

Demikian tips penetrasi dalam basket kali ini. Kalian bisa mengkombinasikan gerakan-gerakan tipuan sebelum melakukan penetrasi ke dalam. Perbanyak menonton video-video basket. Perhatikan bagaimana mereka melakukan penetrasinya. 

Jangan patah semangat kalau masih gagal ketika penetrasi, coba praktekkan tips diatas ya. Keep grinding guys! 









TIPS DRIBBLE PENETRASI (DRIVE) DALAM BASKET TIPS DRIBBLE PENETRASI (DRIVE) DALAM BASKET Reviewed by BERITA ANAK BASKET on 17:42 Rating: 5
Powered by Blogger.