TIPS MENGATASI RASA GUGUP SEBELUM BERTANDING

Rasa gugup? Tangan dingin, gemetaran hingga keringatan.

Semua manusia di dunia ini pasti pernah mengalami rasa gugup. Rasa gugup merupakan perasaan yang timbul karena permainan pikiran di otak kita , yang kita ciptakan sendiri. Ingat, yang kita ciptakan sendiri.




Sebagai seorang pemain basket, apalagi yang belum memiliki jam terbang dan jumlah pertandingan yang banyak, rasa gugup seringkali akan menjadi musuh utama mereka. Karena kurangnya pengalaman, hal ini bukanlah sesuatu yang mengherankan. Perasaan ga tenang, pikiran melayang, takut lakuin kesalahan hingga down atau minder ngeliat lawan.

Perasaan gugup sebenarnya sesuatu yang baik dialami oleh seorang pemain. Kenapa? Karena rasa gugup itu menunjukkan kalau pemain itu peduli dengan pertandingan tersebut, dan ia ingin melakukan yang terbaik untuk tim.

Namun, ketika rasa gugup itu menjadi berlebihan, tentu akan memiliki dampak negatif untuk pemain tersebut. Rasa gugup berlebihan adalah hasil dari akumulasi pemikiran kita yang "liar" dan terlalu overthinking ( berpikir berlebihan ) . Rasa gugup yang berlebihan jika tidak diatasi , maka tentunya akan berdampak terhadap pemain nantinya ketika bermain. Tidak fokus, salah passing, terburu-buru hingga turnover terus menerus.

Tentu akibat dari rasa gugup berlebihan itu sangat membahayakan bagi seorang pemain dan tim secara keseluruhan, apalagi pemain tersebut merupakan starting 5. Permainan kacau di awal tentunya akan berdampak untuk tim tersebut hingga quarter terakhir.

Tapi, tenang aja. Di artikel kali ini, saya bakalan sharing ke kalian tips bagaimana mengatasi rasa gugup yang berlebihan itu. Yuk kita baca satu persatu ;)

1. TENANGKAN PIKIRAN

Alasan utama seorang pemain merasa gugup adalah pikiran-nya sendiri. Mulai dari takut berbuat kesalahan hingga takut kalah dari tim lawan. Sebagai penyebab utama dari timbulnya rasa gugup itu, maka sudah selayaknya yang pertama kali harus dilakukan oleh seorang pemain adalah menjinakkan PIKIRAN nya yang liar dan berpikiran yang terlalu berlebihan. Hal ini juga sering dilakukan pemain Pro. Mereka akan mengambil waktu khusus untuk mereka sendiri untuk menyendiri.

Untuk menenangkan pikiran, lo bisa coba lakuin ini :
-Duduk tenang dan cari posisi paling nyaman dan santai
-Tutup mata
-Tarik nafas dan buang nafas dengan tenang. Lakukan berulang-ulang sampai lo ngerasa santai dan ga dag dig dug lagi jantungnya
-Stop mikirin match nanti. STOP.
-Masuk ke fase relax

Coba kalian ngelakuin cara diatas sebelum kalian bertanding, loose your mind.

Relax dan lo siap untuk tanding ;)


"STAY RELAX"

2. SIBUKKAN DIRIMU

Sibukkan diri sebelum pertandingan merupakan salah satu cara untuk "melupakan" sejenak pertandingan yang akan kamu jalanin. 

Lo bisa mencoba untuk mengobrol santai hingga bercanda dengan temen lo, main game di handphone hingga mendengar lagu (jangan lagu galau ya, nanti makin mellow) . Bagi yang belum pernah mencoba trik ini, kamu bisa coba lakuin trik ini. Ketika kamu sibuk, otomatis kamu ga bakalan mikirin pertandingan yang akan datang. Percaya deh! 

Tapi sebaliknya ketika lo duduk bengong, beberapa menit kemudian, pikiran akan liar, tangan dan kaki mulai dingin, rasa gugup melanda. Selamat. Anda menjadi gugup. Akhirnya semua bayangan-bayangan aneh muncul seputar pertandingan. Sibukkan dirimu lagi ;)

3. SELF TALKING

Self talking merupakan salah satu metode yang sering digunakan oleh pemain-pemain dan atlet olahraga di belahan dunia manapun. Hal ini menunjukkan bahkan seorang pemain pro sekalipun akan mengalami rasa gugup sebelum mereka melakoni pertandingan. Teknik self talking adalah teknik "berbicara" kepada diri sendiri.

Mungkin ada beberapa teman-teman yang pernah lihat di pertandingan NBA, ada pemain yang komat kamit mulutnya. Itu biasanya mereka sedang melakukan self talking terhadap diri sendiri. Self talking terbukti mampu membantu performa seorang pemain di lapangan.

Dalam self talking, biasanya pemain akan mengatakan kata-kata positif seperti : "Ayo James, kamu pasti bisa" , " Tenang Russ, tembak saja bola dengan relax" ,dsb.  Itu semua mereka katakan pada diri mereka sendiri. Ingat, motivator terbaik dunia itu adalah dirimu sendiri. Jadi, coba deh self talking sebelum bertanding. Katakan hal-hal positif. Semangat!

4. RESTU ORANG TUA DAN BERDOA

Tips terakhir adalah kalian bisa meminta restu orang tua sebelum bertanding. Orangtua akan mendoakan anaknya yang akan bertanding. Percayalah, doa orang tua itu biasanya sangat manjur. Orang tua juga akan memberikan mu wejangan dan semangat, itu akan menenangkan dirimu sebelum bertanding. Try ;)

Berdoa. Sebagai manusia yang beragama, sudah selayaknya kita untuk tetap berharap kepada Yang Maha Kuasa. Berdoa merupakan salah satu trik untuk menenangkan diri, dengan berdoa kita akan memohon berkat dan kekuatan untuk dapat bermain dengan baik di lapangan.

Berdoa biasanya akan memberikan "kekuatan" lebih dan kita akan lebih fokus ketika bermain. So, jangan lupa berdoa sebelum pertandingan ya guys!

Demikian artikel kali ini. Coba kalian praktekkan tips diatas, pasti kalian akan lebih tenang sebelum bertanding ;)

GOODLUCK! Thankyou for reading guys.










TIPS MENGATASI RASA GUGUP SEBELUM BERTANDING TIPS MENGATASI RASA GUGUP SEBELUM BERTANDING Reviewed by BERITA ANAK BASKET on 12:31 Rating: 5
Powered by Blogger.