TIPS MENJADI DEFENDER YANG MENAKUTKAN

Pernah ga sih lo ketemu sama pemain lawan dengan defense yang luar biasa ketatnya, sampai-sampai lo sendiri bisa frustrasi sendiri karena ga sanggup ngelewatin dia? Bahkan terkadang boro-boro lewatin dia atau bahkan ada shooting attempt, belum dapat bola aja udah dijaga kayak lagi pacaran, kemanapun diikutin. Ampun dah pokoknya kalau udah ketemu defender jenis ini, bisa emosi.

Tapi, pernah ga sih lo bertanya ke diri lo sendiri, gimana ya caranya biar bisa jadi defender jenis itu? Yang bisa buat lawan frustrasi di lapangan dengan seorang defender yang bener-bener susah buat dihadapin. Pengen ga bisa jadi defender semacam Kawhi? Pasti pengen ya. Tanya kakek kakek juga pasti dia pengen juga.

Oke, banyak orang yang pengen jadi defender yang menakutkan buat lawannya, tapi tidak banyak yang tau bagaimana sih teknik defense yang benar.

Ini penting, karena teknik defense yang benar merupakan dasar dari defense. Ketika teknik defense aja udah salah, ya udah bisa dipastikan defense kalian itu lemah dan mudah bagi lawan buat lewatin elo. Di crossover satu dua kali aja udah terpelintir kakinya, udah ga bener. Too easy brother.

Tau ga sih apa rahasia defense defender semacam itu? Simpel.

Mereka hanya melakukan teknik defense dasar, dengan SEMPURNA. Note that. Mereka melakukannya dengan teknik yang benar, bagaimana menutup ruang gerak lawan secara legal tanpa fouling.

" DEFEND YOUR ENEMY LIKE HOW THEY MAKE YOU FRUSTRATED WHEN YOU ARE DOING OFFENSE" 

Apa saja yang dimaksud dengan teknik dasar itu min?

Ini yang akan kita bahas di artikel kali ini. Simak baik-baik ya!

1. POSISI BERDIRI 


Hal paling fundamental dari defense adalah posisi berdiri.

"Posisi berdiri seperti apa min?"

Posisi berdiri yang dilakuin sama Michael Jordan pada foto diatas. Posisi berdiri merupakan awal dari defense. Ketika lo gagal untuk berdiri dengan baik ( bahu sejajar dengan lutut ; lihat foto diatas),  maka ketika lo "digoyang" sama lawan dengan satu dua kali crossover, sudah bisa dipastikan lawan akan melewati lo dengan mudah, dan lo disana hanya bisa melihat ia dengan begitu mudahnya lewatin lo karena lo bakalan kesulitan untuk nutup lawan yang melakukan penetrasi.

2. STAY LOW




Stay Low atau terjemahan kasarnya : Tetap Rendah.

"Maksudnya apa min?"

Stay Low artinya pada saat posisi sedang defense, kita harus tetap berada pada kondisi kuda-kuda yang rendah.

"Serendah apa min? Jongkok juga rendah soalnya"

Ga sampai jongkok juga ya. Stay Low yang direkomendasiin adalah stay low dengan posisi bahu lo itu harus lebih rendah dari bahu pemain yang kamu jaga.

"Why?"

Dengan posisi Stay Low, defender akan lebih cepat untuk mengikuti pergerakan pemain lawan. Ketika lawan melakukan drive, defender akan lebih mudah untuk menutup pergerakannya karena defender memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan pergeseran ke kiri kanan depan dan belakang. Fleksibilitas ini yang sangat vital ketika defender akan menutup pergerakan pemain lawan.

Dengan Stay Low, pemain lawan akan kesulitan untuk melakukan penetrasi karena defender sudah selalu siap siaga mau kemanapun pemain lawan akan bergerak membawa bola. FRUSTRASI.

3. JARAK SATU TANGAN

"Min, posisi dan jarak defense yang bener itu seberapa jauh sih?"

Jawabannya adalah jarak satu tangan

"Maksudnya gimana tuh min?"

Image : breakthroughbasketball.com

Seperti contoh foto diatas.

"Kenapa jarak satu tangan min?"

Jarak satu tangan dianggap sebagai jarak "aman" dalam melakukan penjagaan. Hal ini dikarenakan ketika kita terlalu dekat dengan pemain lawan, pemain lawan akan dengan sangat mudah melakukan penetrasi dan drive melewati kita.

"Lah, kalau gitu kita jauhin aja min, biar gampang jagain dribblenya"

Jangan lupa, ketika kita memberikan jarak terlalu jauh, lawan akan mendapatkan ruang tembak. Hal ini sangat berbahaya, apalagi ketika bertemu dengan shooter yang jitu. Habis dah itu ring dijebol terus. BERASAP.

Jadi, untuk menjaga dua kemungkinan itu, jarak satu tangan merupakan jarak paling "aman" untuk melakukan defense. 

Namun, biasanya ini tergantung case juga, bagaimana karakteristik lawan yang kita hadapi. Shooter kah atau seorang yang mahir membawa bola, atau bahkan keduanya? Tinggal disesuaikan. Pelajari lawanmu ;)

4. MINTA BANTUAN KAWAN

Manusia merupakan Makhluk Sosial , jadi manusia selalu membutuhkan bantuan dari manusia lainnya di dalam kehidupannya. Oke, ini bukan artikel mata pelajaran Pkn ya.

Lanjut.

Bahasa keren nya dari minta bantuan kawan sih Helping Side. Ketika lo sudah ngelakuin semua yang ada diatas tadi dan belum juga mampu meredam lawan mu, hal yang selanjutnya bisa lo lakukan adalah arahkan lawan mu ke arah rekan setim mu. TRAP!



Hal ini akan memudahkan pekerjaanmu dan pastinya akan membuat lawan menjadi kewalahan untuk melakukan penetrasi, karena defender yang dia hadapi bukan cuma satu, tapi ada helping side yang datang. Namun ingat, jangan terlalu manja untuk selalu meminta helping side, karena itu adalah kebiasaan buruk dalam defense. Ketika terjadi double team, artinya ada pemain lawan yang berdiri tanpa penjagaan defender, dan ini sangat rawan bagi tim kita, karena mereka akan memiliki kesempatan untuk mencetak angka

Jadi, coba lakukan semampumu dulu ya!

5. DENY PASS

Deny Pass merupakan salah satu teknik dalam defense yang sangat penting untuk dilakukan. Deny Pass dilakukan agar pemain yang kita jaga kesulitan untuk mendapatkan bola. Apalagi pemain yang kita jaga merupakan pemain kunci bagi tim tersebut, ketika seorang pemain kunci tidak mendapatkan ruang yang cukup untuk membuat attempt, maka tim lawan dipastikan akan mengalami kesulitan dalam mendulang poin. Mereka harus mencari cara lain lagi dan itu merupakan kesempatan baik bagi tim kita untuk bisa melakukan tekanan.

Image : breakthroughbasketball.com


Deny pass dilakukan terhadap pemain "tanpa bola" . Tugas dari defender hanya menutup jalur passing dari si pemain ini, tujuannya supaya ia tidak bisa mendapatkan bola.

Perhatikan foto diatas, bagaimana cara pemain menutup jalur passing atau passing lane dari pemain yang dijaga olehnya. Defender yang baik mampu menutup pergerakan lawan , baik dengan bola hingga pergerakan tanpa bola. SETRONG.

6. JANGAN MUDAH TERMAKAN FAKE MOVE




Seorang defender yang baik tidak mudah termakan dengan fake move dari lawan. Pump fake, jab step dan gerakan fake lainnya yang dilakukan oleh pemain lawan.

Ketika defender sangat mudah termakan oleh fake move, maka bisa dipastikan ia akan menjadi sasaran empuk bagi lawan untuk mendulang poin. Baik itu dari shooting maupun penetrasi ke arah ring.

Ketenangan merupakan kunci bagi defender untuk tidak mudah termakan fake dari lawan.

Ketenangan didapatkan dari pengalaman, jadi perbanyak bermain dan bertanding ya!

7. STEAL






Seorang defender yang baik, ia tau kapan harus melakukan steal dan kapan ia tidak boleh melakukannya.

Dengan posisi selalu stay low seperti yang dilakuin sama Leonard, sebenarnya itu sangat membantu  untuk meningkatkan rate melakukan steal. Kemungkinan semakin besar.

Namun, ada hal yang perlu diingat. Ketika kita mencoba untuk melakukan steal tidak tepat pada waktunya, pemain lawan akan mengambil kesempatan itu untuk melakukan penetrasi atau bahkan menggunakan kesempatan itu untuk mengambil foul. Sangat beresiko untuk mendapatkan reach in foul, blocking foul bahkan sampai shooting foul. ZONK.

Tentu ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Kecuali hal ini sesuai dengan instruksi pelatih dengan keadaan dan kondisi tertentu yang mengharuskan kita untuk melakukannya. Namun seorang defender yang baik biasanya sudah tau kapan ia harus melakukan steal dan tidak boleh melakukannya.

Oh ya, semua yang ada diatas itu tidak mungkin dapat lo lakuin dengan konsisten tanpa disertai dengan latihan strength untuk daya tahan otot selama melakukan defense. Setiap pemain harus mengimbangi antara latihan skill dan strength.

Untuk latihan strength, kita bahas di post post yang akan datang ya! Stay Tune. 

Thankyou for reading. Semoga bermanfaat untuk membantu kalian di dalam defense yak!










TIPS MENJADI DEFENDER YANG MENAKUTKAN TIPS MENJADI DEFENDER YANG MENAKUTKAN Reviewed by BERITA ANAK BASKET on 18:02 Rating: 5
Powered by Blogger.