TIPS AGAR SHOOTING KONSISTEN

Artikel ini sangat cocok untuk kalian yang shootingnya angin-anginan ;)

Shooting merupakan skill yang penting bagi seorang pemain basket. Ada pemain yang memiliki kemampuan menembak yang baik bahkan ada yang shootingnya angin-anginan. Angin-anginan disini maksudnya, kalian pasti pernah hari ini shootingnya luar biasa akurat, sampai-sampai nutup mata nembak bola pun kayaknya bisa masuk. Tapi yang jadi mimpi buruk itu , adalah bakalan ada suatu ketika, shooting kalian itu SOOOOOOOO BUSUK. Nembaknya ga ada yang masuk dan melenceng mulu. Entah itu short, long atau bahkan air ball. OMG

Bayangkan saja, ketika kemampuan shooting kamu sangat dibutuhkan oleh tim ketika tim sedang tertinggal, dan disaat itu juga shootingmu lagi "busuk" atau "bau" (bahasa anak basket hehehe) , semua nya bakalan berubah total. Elo ga mampu berbuat banyak lagi dengan shootingmu di saat keadaan tim yang sudah buntu.

Tentu ilustrasi diatas sangat merupakan suatu mimpi buruk bagi seorang pemain. Apalagi seorang shooter yang biasa diandalkan untuk mencetak angka, sekarang entah hilang kemana. Shootingnya melenceng, pemain down yang berdampak ke keseluruhan tim, akhirannya Kalah.

Sebelum hal itu terjadi, nih saya kasih tips untuk kalian, bagaimana sih menjadi seorang scorer yang konsisten dalam hal mencetak angka. Dengan membaca tips ini, harapan saya bisa membantu kalian untuk menjadi pemain dengan shooting yang bakalan lebih konsisten kedepannya ;)

Yuk kita mulai bahas apa saja tipsnya!

1. TEKNIK SHOOTING 
( cek artikel ini ya untuk teknik shooting yang benar. Baca : TIPS TEKNIK SHOOTING YANG BENAR )

Teknik shooting seorang pemain disini bukan merupakan sesuatu hal yang mutlak dan tentu bukan merupakan "hapalan" bagi seorang pemain. Karena, terkadang ada pemain yang memiliki teknik shooting tersendiri. Lihat foto dibawah ini, 3 pemain (Nash, Miller dan Bird) ini memiliki kemampuan menembak yang baik dan memiliki shooting form yang berbeda, namun intinya tekniknya "benar".



Namun ada hal yang perlu diingat, bahwa ketika seorang pemain tidak memiliki shooting dengan teknik yang baik dan benar, maka tidak lah mengherankan kalau ia bukan seorang shooter yang konsisten. Wong tekniknya aja udah ga bener.

Memiliki teknik shooting yang baik tentu akan sangat membantu seorang pemain untuk mendapatkan shooting yang lebih konsisten pastinya. Dengan adanya panduan untuk melakukan shooting, seorang pemain akan "diarahkan" untuk bagaimana melakukan teknik shooting yang benar. Sehingga tidak ada lagi teknik shooting "aneh" , misalnya kaki yang tidak balance, cara release bola yang asal-asalan, dsb.

Seorang pemain yang memiliki teknik shooting yang baik, tentu memiliki kesempatan lebih untuk cepat mengalami perkembangan dalam shootingnya daripada pemain yang tembak asal-asalan yang penting masuk.

( cek artikel ini ya untuk teknik shooting yang benar. Baca : TIPS TEKNIK SHOOTING YANG BENAR)

2. REPETISI 

Untuk menjadi seorang pemain basket yang lebih baik, pemain basket tersebut tentunya harus memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik selama latihan. Hal yang perlu diingat adalah bahwa basket merupakan olahraga kebiasaan atau habit.

Lalu apa hubungannya?

Hubungannya terhadap konsistensi seorang pemain adalah selama latihan , seorang pemain sudah harus membiasakan hal-hal yang baik untuk dilakukan selama latihan tersebut.  Kebiasaan baik ini yang kemudian akan menjadi kebiasaan yang melekat untuk seorang pemain. Pemain tersebut tidak akan bisa menjadi seorang pemain yang konsisten kalau ia tidak melakukan kebiasaan yang baik selama latihannya.

Balik ke pembahasan repetisi.

Repetisi artinya adalah pengulangan. Berhubung kita sedang membahas bagaimana sih menjadi seorang shooter yang konsisten, maka disini adalah kita melakukan pengulangan-pengulangan selama melakukan shooting.

Pengulangan seperti apa? Pengulangan dengan TEKNIK YANG BAIK DAN BENAR seperti yang sudah kita bahas pada poin pertama diatas. Pemain yang melakukan repetisi dengan teknik yang baik dan benar selama latihan, akan terbiasa untuk melakukan shooting, dengan teknik yang sama secara berulang-ulang.

Untuk memiliki shooting yang baik, lakukan repetisi secara terus menerus. Ketika sudah terbiasa, maka akan terjadi suatu keadaan dimana otot-otot kita akan memiliki memori. Ini yang dinamakan dengan Muscle Memory . Silahkan tonton video dibawah ini :




Dengan Muscle Memory ini, seorang pemain karena ia terus-terusan melakukan repetisi, otot-otot terutama otot tangan akan memiliki "memori" tanpa kita harus memikirkan lagi tentang shooting itu dengan otak kita. Jadi, dapat bola nembaknya itu cuma fokus ke ring aja, nanti tangannya seperti nembak "sendiri" .

Repetisi ini bisa kalian lakuin, misalnya dalam sehari kalian bisa mulai dengan shooting minimal 100 kali tembakan. Jangan pedulikan bola yang ga masuk. Bola masuk itu bukan tujuan utama dari repetisi ini. Yang menjadi tujuan utamanya adalah, kalian harus melakukan repetisi dengan baik dan bener. PERHATIKAN TEKNIK SHOOTING KALIAN

Kalau repetisi kalian udah baik dan bener, bola yang masuk terus-terusan akan mengikuti. Jalanin saja prosesnya ya ;)

"BIASAKAN LAKUKAN YANG BAIK DAN BENAR SELAMA LATIHAN"

3. SHOOTAROUND

Di dalam tips shootaround kali ini, selama latihan kalian akan melakukan shooting dengan teknik dan repetisi seperti yang tertulis di poin 1 dan 2 diatas.



Kalian bisa melakukan shooting di spot manapun. Nanti kamu akan merasakan dimana hot zone mu. Apa itu hot zone? Kalian bisa cek disini apa sih "hot zone" itu. Baca : Tips Meningkatkan Akurasi Tembakan

Selama shootaround, kalian tidak diperbolehkan untuk jalan. Namun sambil jogging, dan coba minta teman mu untuk membantu selama shootaround. Misalnya passing bola kepada kamu dan langsung kamu tembak bolanya. Kalau misalnya temennya pada sibuk, lo bisa melempar bola ke depan sedikit, lalu kamu ambil bolanya dan langsung kamu tembak. Itu juga bisa kamu lakukan.

4. SIMULASI GAME 

Untuk memiliki shooting yang lebih konsisten, selama latihan seorang pemain bisa menggunakan metode simulasi game. Simulasi ini dapat berupa imajinasi sendiri atau bisa meminta bantuan teman atau menggunakan kursi dan apapun itu, tergantung bagaimana kalian ingin simulasi game tersebut dilakukan.

Kenapa simulasi game?



Dengan melakukan simulasi game selama latihan, kalian bisa dapetin "feel" pas kalian bermain nantinya. Sejak latihan, kalian sudah dibiasakan dengan game situation atau situasi ketika game. Hal ini tentu akan membantu kalian dalam hal fokus, pengambilan keputusan sebelum shooting sampai siap menghadapi tekanan dari lawan.

Kalian bisa menggunakan imajinasi kalian, misalnya ketika dapat bola, kalian imajinasikan aja di depan kalian itu ada lawan, jaraknya seberapa. Coba dalam imajinasi kalian itu, kalian bayangkan lawan terberat kalian yang ada di depan kalian, dan kalian pikirkan cara untuk shooting di depan dia.

"Imajinasikan yang paling kamu "takutkan" dan yang merupakan kelemahanmu ketika melakukan shooting "

Meminta bantuan teman, kalian bisa minta dia untuk passing, lalu berlari ke arahmu untuk melakukan block. Ini akan membiasakan mu untuk tidak takut menghadapi lawan yang akan melakukan block terhadap dirimu. Kamu akan terbiasa dan sampai suatu titik kamu tidak akan "melihat" lawan mu itu lagi yang berlari di depanmu, karena fokusmu tertuju ke ring untuk melakukan finishing.

Objek tertentu misalnya kursi juga bisa kalian gunakan. Anggap saja itu adalah lawan kalian, dan kalian akan melakukan tembakan ketika berhadapan dengan dia. Misalnya, kalian melakukan fake, lalu melakukan drive dan taruh kursi di sisi dekat ring lagi, jadi kalian langsung jump stop untuk shooting. Buat semenarik mungkin aja dan buat yang sesuai dengan kemampuan kalian.

Itulah  Tips Bagaimana Memiliki Shooting  yang Konsisten , dengan melakukan hal-hal diatas pastinya akan membantu dalam meningkatkan teknik shooting kalian. Yang rajin ya latihannya!




TIPS AGAR SHOOTING KONSISTEN TIPS AGAR SHOOTING KONSISTEN Reviewed by BERITA ANAK BASKET on 17:32 Rating: 5
Powered by Blogger.